" Welcome To My Blog, Thank You For Your Visit & Please Leave Your Comment ! "



Sabtu, 19 November 2011

Rumah Sebagai Pusat Pendidikan Etika


Kita semua pasti memiliki keluarga dan tinggal dalam suatu rumah dimana dalam kehidupan keluarga tersebut kita didik oleh orang tua kita dengan baik dan sesuai dengan etika, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda pula. Berbeda disini saya maksudkan bahwa kita memiliki latar belakang dan budaya yang berbeda-beda karena kita lahir dari berbagai suku yang beraneka ragam. Tetapi pada dasarnya etika yang kita miliki sama dan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memuliakan akhlak dan sifat kita sebagai manusia yang beradab.

Pendidikan etika yang diberikan oleh orang tua sebagai profil utama dalam suatu keluarga akan berdampak besar bagi pembentukan sifat dasar dan karakter yang dimiliki oleh seorang anak dimana ia diharapkan mempunyai etika yang  tinggi dan mulia sehingga dapat menjadi individu yang unggul yang dapat bermanfaat bagi kehidupan pribadi, agama, keluarga, masyarakat, bangsa dan negaranya. Inilah yang disebut dengan etika yang baik, etika ini dapat dibentuk jika dalam kehidupan keluarganya terdapat keharmonisan antara hubungan dengan orang tua dengan putra dan putrinya. Dari hubungan yang harmonis ini akan didapat suatu pola pendidikan yang bermutu untuk proses transfer ilmu norma dan etika yang bersifat positif yang penting bagi perkembangan  kecerdasan emosional dan atitude sang anak yang diperlukan bagi kehidupan si anak untuk masa depannya kelak.

Etika dan norma positif yang telah kita miliki dari nenek moyang kita ini seharusnya selalu ditumbuh kembangkan dengan baik dengan cara regenerasi kepada anak cucu kita. Karena dalam kenyataannya dalam kehidupan modern ini sudah mulai terjadi pergeseran norma dan etika bangsa pada umumnya. Hal ini sangat memperihatinkan karena kita sebenarnya mempunyai norma dan etika yang tak kalah bagus dengan norma-norma yang tumbuh dari budaya asing. Apabila kita perhatikan norma dan etika budaya asing yang saat ini mulai menggeser norma-norma lokal sebenarnya tidak sesuai dengan ajaran budaya dan agama kita tetapi kenapa kita cenderung mengikutinya. Ini dikarenakan kita tidak kuat dalam menamkan norma dan etika warisan nenek moyang kita dengan baik dan tepat karena dengan begitu mudahnya dapat terjadi degradasi  norma dan etika asli milik kita. Ini  sebenarnya tidak boleh terjadi karena akan menyebabkan penurunan kualitas moral bangsa secara menyeluruh.

Ada beberapa etika dasar yang seharusnya dimiliki oleh generasi kita dimasa sekarang ini yang antara lain dapat saya uraikan sebagai berikut :

1. Etika dalam keluarga

Etika ini mengajarkan tentang pola hubungan dalam keluarga baik antara orang tua dengan putra putrinya atau sebaliknya, juga antara saudara dengan saudara yang lain dan sanak famili kita. Sebagai contoh adalah bagaimana seorang anak harus bersikap sopan dan menghormati  kepada kedua orang tuanya.

2. Etika dalam masyarakat.

Etika ini mengajarkan tentang pola hubungan yang baik antara individu-individu dalam masyarakat sehingga dapat tercipta kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat. Contohnya adalah bagaimana bersikap menghargai orang lain, bagaimana berkerja sama dengan orang lain dan lainnya.

3. Etika dalam beragama

Etika ini mengajarkan bagaimana memahami dan menghargai ajaran agama orang lain. Contohnya kita harus bertoleransi dengan orang yang mempunyai agama yang berbeda dengan kita.

4. Etika dalam dunia kerja

Etika ini mengajarkan tentang bagaimana cara berkompetisi dan bekerjasama dalam lingkungan kerja yang baik yang tidak mementingkan ego diri sendiri. Contohnya bagaimana cara bersikap yang baik kepada atasan atau pun kepada sesama karyawan.

5. Etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Etika ini mengajarkan bagaimana cara kita sebagai warga negara agar berguna bagi bangsa dan negaranya dimana kita kadang kurang peduli dalam hal-hal ini. Contohnya adalah dengan mengetahui kewajiban kita terhadap negara misalkan kita rutin membayar pajak, ikut aktif dalam pemilihan umum dan hal-hal lainnya.

Dengan dimilikinya etika dan norma tersebut diatas maka kita akan menjadi pribadi-pribadi yang sesuai dengan harapan keluarga, masyarakat bangsa dan negara yaitu pribadi yang beretika tinggi yang selalu menjadi inspirasi orang lain.
 
" SALAM SUKSES"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar